RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN 1
Buluspesantren
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/semester : VII/I
Materi Pokok :
Membaca
Mampu membaca
bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf
Jawa.
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa mampu membaca naskah pengumuman dengan intonasi,
lafal, jeda, dan pemenggalan kata dengan benar.
2.
Siswa mampu mengidentifikasi naskah pengumuman dengan
5W+1H.
3.
Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang isi
pengumuman.
Kompetensi Dasar:
Membaca nyaring
naskah pengumuman.
Indikator:
1.
Mampu membaca naskah pengumuman dengan intonasi,
lafal, jeda, dan pemenggalan kata dengan benar.
2.
Mampu mengidentifikasi naskah pengumuman dengan 5W+1H.
3.
Mampu menjawab pertanyaan tentang isi pengumuman.
Materi Pembelajaran:
Naskah pengumuman.
Assalamu’alaikum W.W.,
Dhumateng
Bapak-bapak saha kadang mudha taruna RT 02/RW 03.
Bilih
sampun dados adat sabenipun, benjang ing dinten Ahad, 16 Maret 2013, kasuwun
kempal wonten pos rondha, watawis tabuh 07.00 enjang. Saperlu gugur gunung reresik mushola lan sakiwa tengenipun amargi
badhe wonten pengaosan akbar pengetan Maulud Nabi Muhammad SAW.
Makaten
pambiwara saking kula minangka ketua RT 02/RW 03, mugi andadosaken kawigatosan
panjenengan sedaya. Matur nuwun.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Metode Pembelajaran:
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi.
Media Pembelajaran:
Kartu pengumuman.
Sumber Belajar:
Buku teks.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Awal :
1.
Siswa menjawab salam guru.
2.
Siswa dan guru berdoa bersama.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu.
4.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang membaca naskah
pengumuman
Sinten ingkang nate mirengake wara-wara?
Sinten ingkang sampun nate maos wara-wara?
Inti :
1.
Siswa dan guru membahas tentang bagaimana membaca
naskah pengumuman.
2.
Siswa menyimak rekaman membaca nyaring pengumuman.
3.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang model membaca
nyaring.
4.
Siswa berkelompok dengan anggota tiap kelompok 5
siswa.
5.
Tiap kelompok diberi satu naskah pengumuman,
masing-masing siswa secara bergiliran berlatih membaca dalam kelompokya.
6.
Beberapa siswa diminta untuk membaca kemudian
dianalisis bersama.
Akhir :
1.
Siswa dan guru menganalisis secara klasikal.
2.
Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran tersebut.
3.
Siswa dan guru melakukan refleksi
Penilaian Hasil
Pembelajaran:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
||
Intonasi
|
Lafal
|
Jeda
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar